Materi IV
Menggandakan
Gambar II
1. MENGGANDAKAN GAMBAR (II)
1.1 Offset
Offset adalah perintah untuy- menggandakan objek
secara para leI. langkahnya berurutan sbb. Offset
distance or through: me'lentukan jarak _enngandaan. dengan : - offset distance
(ketik angka terter. through (tentukan 2 titik) Select object: tentukan objek
yang akar. Digandakan Side to offset: tentukan sisi sebelah kanan penggandaan
akan dilakukan langkah.
1.2 Array
Array ada!ah perintah untuk menqgandakan objek dalam jumlah yang
cukup banyak . Perintah Array ada dua macarn:
v Persegi (Rectangular)
Di sini
objek akan digandakan cJengan mener.tukan jumlah Langkah-Iangkahnya adalah
rnenentukan: jurnlah baris (Number of rOws), jumlah columns (Number of columns),
jarak antar baris (unit cell or di_;tance between rows), jarak 3ntar kolom
(Distance between columns) baris dan kolcm.
v Melingkar (Polar)
Disini objek digandakan secara melingkar. Langkah-Iangkahnya adalah Menentukan.pusat
penggandaan (center point of wray) jumlah hasil penggandaan (number of items), Sudut
penggandaan (angle between items). Menentukan apakah hasil penggandaan diputar
atau tidak (rotate objects as they are copied).
2.
MEMPERPANJANG GARIS
2.1 Extend
Perimah
extend adalah perintah untuk memperpanjang garis atau Garis engkung . sampai
menyentuh garis lain yang telah ditentukan. Syarat Garis yang jitentukan ini adalah
menyinggung Garis perpanjangan Garis yang akan diperpanjang. Jrutan langkahnya
adalah : Tentukan Garis batas perpanjangan, Tentukan Garis yang akan
diperpanjang (jika gads yang harus diperpanjang banyak, Anda bisa memilih
dengan fence [F]).
2.2 Fillet
Perintah
fillet adalah perintah – perintah untuk menghubungkan dua garis dengan nenambahkan
Garis lengkung. Beberapa pilihan perintah: pi!ih objek yang akan di-fillet melakukan
fillet pada polyline (Polyline [P]) menetukan radius Garis lengkung penghubung
(radius [RD
2.3 Chamfer
Perintah
Chamfer hampir sama dengan fillet, yaitu untuk menghubungkan dua garis. Pada
chamfer, garis hubung berupa garis lurus bukan garis lengkung. Beberapa pilihan
perintah pilih objek yang akan di-chamfer melakukan chamfer pada polyline
(Pulyline [P)). Menentukan
jarak garis penghubung terhadap gar is yang akan dihubungkan (distance [0).
3.
MENGGAMBAR BANGUN GEOMETRIS
3.1
Ellipse
Perintah
el!ipse adalah perintah iJntuk membuat bangun elips. Ada 2 cara:
a.
Sumbu (axis)
Menentukan
garis sumbu (dua titik) dan menentukan garis sumbu yang lain (dengan jarak), atau
tentukan sudut perputaran sumbu.
b.
Titik pusat (center)
Menentukan titik pusat dan menentukan ujung
garis-garis sumbu yang melalui titik pusat.
3.2
Polygon
Adalah perintah membuat bangun segi banyak. Ada dua cara:
a Titk
pusat
Menentukan
iitik pusat segi banyak dan menentukan apakah radius segi banyak ini
didefinlsikan pada titik ujung atau titik dan tengah sisi-sisi segi banyak.
v Inscribed in Circle ( titik ujung).
v Circumscribed (titk tengah)
v Menentukan radius segi banyak
b.
Garis tepi
Tentukan
titk awal satu sisi segi banyak .
Tentukan titk kedua sisi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar