Jumat, 26 Juni 2015

Materi IV Menggandakan Gambar II

Materi IV
Menggandakan Gambar II

1. MENGGANDAKAN GAMBAR (II)

1.1 Offset

Offset adalah perintah untuy- menggandakan objek secara para leI. langkahnya berurutan sbb. Offset distance or through: me'lentukan jarak _enngandaan. dengan : - offset distance (ketik angka terter. through (tentukan 2 titik) Select object: tentukan objek yang akar. Digandakan Side to offset: tentukan sisi sebelah kanan penggandaan akan dilakukan langkah.

1.2 Array
Array ada!ah perintah untuk menqgandakan objek dalam jumlah yang cukup banyak . Perintah Array ada dua macarn:

v  Persegi (Rectangular)
Di sini objek akan digandakan cJengan mener.tukan jumlah Langkah-Iangkahnya adalah rnenentukan: jurnlah baris (Number of rOws), jumlah columns (Number of columns), jarak antar baris (unit cell or di_;tance between rows), jarak 3ntar kolom (Distance between columns) baris dan kolcm.
v  Melingkar (Polar)
Disini objek digandakan secara melingkar. Langkah-Iangkahnya adalah Menentukan.pusat penggandaan (center point of wray) jumlah hasil penggandaan (number of items), Sudut penggandaan (angle between items). Menentukan apakah hasil penggandaan diputar atau tidak (rotate objects as they are copied).

2. MEMPERPANJANG GARIS

2.1 Extend

Perimah extend adalah perintah untuk memperpanjang garis atau Garis engkung . sampai menyentuh garis lain yang telah ditentukan. Syarat Garis yang jitentukan ini adalah menyinggung Garis perpanjangan Garis yang akan diperpanjang. Jrutan langkahnya adalah : Tentukan Garis batas perpanjangan, Tentukan Garis yang akan diperpanjang (jika gads yang harus diperpanjang banyak, Anda bisa memilih dengan fence [F]).

2.2 Fillet

Perintah fillet adalah perintah – perintah untuk menghubungkan dua garis dengan nenambahkan Garis lengkung. Beberapa pilihan perintah: pi!ih objek yang akan di-fillet melakukan fillet pada polyline (Polyline [P]) menetukan radius Garis lengkung penghubung (radius [RD

2.3 Chamfer

Perintah Chamfer hampir sama dengan fillet, yaitu untuk menghubungkan dua garis. Pada chamfer, garis hubung berupa garis lurus bukan garis lengkung. Beberapa pilihan perintah pilih objek yang akan di-chamfer melakukan chamfer pada polyline (Pulyline [P)). Menentukan jarak garis penghubung terhadap gar is yang akan dihubungkan (distance [0).

3. MENGGAMBAR BANGUN GEOMETRIS

3.1 Ellipse

Perintah el!ipse adalah perintah iJntuk membuat bangun elips. Ada 2 cara:

a. Sumbu (axis)

Menentukan garis sumbu (dua titik) dan menentukan garis sumbu yang lain (dengan jarak), atau tentukan sudut perputaran sumbu.

b. Titik pusat (center)

Menentukan titik pusat dan menentukan ujung garis-garis sumbu yang melalui titik pusat.

3.2 Polygon

Adalah perintah membuat bangun segi banyak. Ada  dua cara:

a Titk pusat

Menentukan iitik pusat segi banyak dan menentukan apakah radius segi banyak ini didefinlsikan pada titik ujung atau titik dan tengah sisi-sisi segi banyak.
v  Inscribed in Circle ( titik ujung).
v  Circumscribed (titk tengah)
v  Menentukan radius segi banyak
­
b. Garis tepi


Tentukan titk awal satu sisi segi banyak .  Tentukan titk kedua sisi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar